Bedah Buku “Demokrasi dan Moral Politik

November 23, 2018 oleh : admin

Magister Ilmu Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengadakan seminar bedah buku yang bertajuk “Demokrasi dan Moral Politik pada Hari Jum’at, 23 November 2018, di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Hadir sebagai pemateri Dr. Ahmad Sahide, dan pembedah Dr. Muhammad Nurul Yamin, serta Prof. Munir Mulkhan.

Buku Demokrasi dan Moral Politik merupakan kumpulan essai Dr. Ahmad Sahide dalam beberapa tahun terakhir. Dengan gaya bahasa yang disampaikan oleh Dr. Nurul Yamin sebagai “obrolan warung kopi”, Dr. Ahmad Sahide menjelaskan mengenai dinamika sosial politik demokrasi di Indonesia. Isu-isu apa saja yang sedang berkembang, tokoh-tokoh nasional yang banyak berperan dalam sejarah perpolitikan di Indonesia dan tokoh politik internasional dalam beberapa tahun terakhir.

Buku tersebut juga mengupas gaya kepemimpinan, bahasa politik serta pencitraan. Di antaranya Susilo Bambang Yudhoyono, Anas Urbaningrum, kemudian Jokowi, serta sejumlah tokoh internasional seperti Vladimir Putin dan Nelson Mandela.

Menurut Dr. Nurul Yamin, Wakil Direktur Pascasarjana yang juda hadir sebagai pembedah, buku ini menggunakan pendekatan diakronik, pembaca diajak untuk menelusuri permasalahan politik sejatinya sudah berlalu, namun masih menjadi permasalahan substansial dan masih berlangsung hingga saat ini.

“Terdapat sejumlah anomali dalam perpolitikan Indonesia yang masih berlangsung hingga saat ini. Peran media, institusi pendidikan (kampus), serta organisasi keagamaan (non-politik) amat penting untuk menjaga moral politik serta demokrasi.”

Prof. Munir Mulkhan, yang kini merupakan emeritus professor di Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan segudang pengalaman dalam karya tulis menyampaikan bahwa buku ini sangat dibutuhkan dalam mengamati realitas politik dan budaya di Indonesia. Prof. Munir juga memberikan masukan untuk memperkaya penulisan sitasi, serta berbagi kiat-kiat dalam menulis.