Keunggulan MIHI

 

Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional UMY memiliki Rencana Induk Penelitian (RIP) sesuai dengan SK Direktur Pascasarjana No. 14/VII/2016 dengan fokus penelitian pada diplomasi, kerjasama internasional, resolusi konflik-perdamaian, dan pemikiran Islam.

 

 

Berdasarkan RIP tersebut kemudian dipetakan ke dalam sejumlah judul penelitian yang relevan dengan persoalan yang akan diselesaikan. RIP Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional UMY Tahun 2016-2020 adalah peta tema Paradiplomasi dan Perdamaian dengan Perspektif Islam. Bidang yang menjadi unggulan MIHI adalah Diplomacy, International Cooperation, Conflict Resolution and Peaca, Islamic Political Thought.

Magister Hubungan Internasional (MIHI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mempunyai komitmen yang tinggi untuk membangun lingkungan akademik yang baik dan kondusif bagi pengembangan ilmu pengetahuan (Academic Atmosphere).

MIHI memfasilitasi mahasiswa dengan sejumlah kegiatan yang dapat menunjang pengalaman dan kemampuan akademik yang dibutuhkan sebagai seorang calon master. Setiap tahunnya, MIHI menyelenggarakan International Conference on Humanity Issues (Iscohi), forum bagi para mahasiswa, baik dari dalam maupun dari luar, untuk mempresentasikan hasil riset mereka. MIHI UMY juga mengadakan forum diskusi bulanan (Monthly Seminar) yaitu MIHI Lecture Series, dengan beragam tema serta pembicara dari para pakar di bidangnya. Para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengembangkan diri dengan menjadi Asisten Dosen (Lecturer Assistant).

Sejak pertamakali dibuka, Program Studi MIHI UMY mendapatkan sambutan dari calon mahasiswa dengan penuh antusias, terlebih lagi mahasiswa program strata satu dan lulusan baru. Para pendaftar program studi MIHI didominasi oleh para lulusan baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk di antara dari Australia, Turkmenistan, Rwanda, Thailand dan Timor Leste. MIHI UMY juga membangun kerja sama dengan beberapa kampus di luar negeri (International Partnership) untuk Lecture Exchange serta kolaborasi riset ilmiah. Selain itu, setiap tahunnya MIHI UMY juga mewadahi sejumlah hasil riset terbaik para mahasiswa untuk diterbitkan menjadi buku.