Membaca Asia Tenggara: Resensi Buku

Agustus 25, 2017 oleh : admin

Dr. Ali Muhammad dan Dr. Ali Maksum, keduanya adalah dosen HI UMY, memberikan kontribusi akademik yang sangat penting dalam studi hubungan internasional dengan menuliskan buku bersama yang berjudul Keamanan Asia Tenggara, terbit akhir tahun 2016. Hadirnya buku ini tentu memerkaya khasanah keilmuan dalam bidang studi hubungan internasional.

Buku ini bukanlah buku pertama tentang Asia Tenggara. Sebelumnya, pada tahun 2007, Prof. Dr. Bambang Cipto, mantan rektor UMY, telah menulis buku dengan tema yang sama, Hubungan Internasional di Asia Tenggara. Prof. Dr. Bambang Cipto dalam bukunya tersebut mengulas lebih jauh sejarah berdirinya ASEAN, perkembangan ASEAN, serta hubungan internasional di antara beberapa negara ASEAN dan negara luar ASEAN, seperti Amerika dan China (Tiongkok).

Nah, buku yang ditulis oleh Dr. Ali Muhammad dan Dr. Ali Maksum ini menulis dengan sudut pandang yang berbeda, melihatnya lebih pada aspek keamanannya. Buku ini dapat dikatakan sebagai buku kumpulan tulisan ilmiah yang tematik, semua tentang Asia Tenggara. Buku yang mencoba melakukan pembacaan tentang realitas mutakhir kondisi sosial-politik di kawasan Asia Tenggara dewasa ini; baik itu mengenai isu, konflik, dan seterusnya. Olehnya itu, beberapa isu di dalam buku Keamanan Asia Tenggara ini belum menjadi pembahasan dari buku Prof. Dr. Bambang Cipto, seperti halnya isu konflik Laut China Selatan (LCS) yang melibatkan banyak negara sehingga tentu saja mengganggu keamanan dan hubungan internasional di kawasan tersebut. Indonesia terkena dari dampak konflik tersebut karena salah satu daerah terluar Indonesia, Pulau Natuna, juga diklaim oleh China.

Isu-isu yang mutakhir itulah yang coba dibaca secara akademik oleh Dr. Ali Muhammad dan Dr. Ali Maksum dari buku yang tebalnya kurang lebih 330 halaman itu. Tentu saja buku ini menjadi karya yang sangat penting dibaca oleh mahasiswa dan dosen dari studi ilmu hubungan internasional di manapun berada di samping buku-buku lainnya. Maka dari itu, hadirnya karya akademik ini memberikan kontribusi yang sangat berarti dalam dunia akademik, memerkaya kepustakaan kita di Tanah Air. Semoga buku ini mendapatkan sambutan yang hangat dari berbagai pihak.

Dinamika, konflik, dan hubungan internasional di Asia Tenggara tentu akan selalu mengalami perubahan dan perkembangan. Maka dari itu, perubahan dan perkembangan yang terjadi terus-menerus haruslah dibaca secara akademik, dan itulah salah satu tugas dari seorang akademisi. Dr. Ali Muhammad, yang kini sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, bersama dengan Dr. Ali Maksum telah menunaikan tugas akademikinya sebagai dosen. Berkontribusi melalui gagasan dalam bukunya yang berjudul Keamanan Asia Tenggara.

Yogyakarta, 30 April 2017

Daftar Pustaka

Muhammad, Ali, dan Ali Maksum. 2016. Keamanan Asia Tenggara. Yogyakarta: LP3M.

Naskah Lengkap Membaca Asia Tenggara