Nasional

Kerjasama dan Kemitraan

Program studi MIHI UMY telah melakukan kerjasama dan kemitraan dengan institusi pemerintah, swasta, LSM internasional maupun perguruan tinggi lain. Kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengajaran dilakukan oleh Universitas dengan berbagai perguruan tinggi baik di Indonesia maupun perguruan tinggi asing dalam bentuk pengiriman staf untuk studi lanjut maupun membuat forum bersama. Program sudah mulai dilaksanakan dengan pengiriman staf ke Universitas Malaysia Sabah, dan melakukan kerjasama penerbitan buku dan Jurnal . Sedangkan dengan Universitas Sains Malaysia kerjasama dalam penerbitan buku, artikel terindeks scopus, maupun riset kolaboratif. Sedangkan dengan Delasalle Spanyol melalui pengiriman mahasiswa untuk mengambil studi selama 1 semester.

Kerjasama penelitian dan pelatihan tentang Resolusi Konflik dilakukan dengan Perdana Global Peace Foundation (PGPF), Malaysia yang telah dilakukan semenjak tahun 2013 sampai dengan 2016. Sejumlah mahasiswa MIHI berpartisipasi dalam MGPS (Mahathir Global Peace School), dan sejumlah dosen MIHI berperan sebagai presenter dan fasiltator dalam forum tersebut. Kerjasama penelitian juga dilakukan dengan Universitas Islam Antar Bangsa untuk penelitian tentang tata kelola diplomasi bencana. Sedangkan dengan University Sain Malaysia dalam penelitian tentang tata kelola politik luar negeri.

Kerjasama pelatihan dan advokasi juga dilakukan dengan Amnesti Internasional. Program ini diharapkan dapat meningkat kesadaran social warga masyarakat terhadap issue-issue pembangunan. Termasuk di dalamnya juga pelatihan dengan melibatkan aktivis Amnesti Internasional dari Palestina dan Australia yang memberikan gambaran tentang sejumlah problem kemanusian di dunia islam.

. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan pemerintah daerah baik kabupaten dan kota di DIY, dalam bentuk ceramah tentang Deteksi dini konflik menjelang pemilu 2014, maupun tentang partisipasi pemilih dalam pemilu. Pengabdian masyarakat juga dilakukan dengan organisasi otonom Muhammadiyah, dalam bentuk pelatihan, pengajian dan kultum di sejumlah pimpinan Ranting, cabang, daerah Muhammadiyah di Bantul dan Sleman. Pengabdian masyarakat juga dilakukan dengan Lembaga Swadaya Masyarakat, Komunitas Belajar Menulis Yogyakarta, lewat pendampingan penulisan novel, buku, artikel populer maupun puisi.

 

Dampak Kerjasama

Kerjasama dengan fihak di luar UMY memberikan sejumlah keuntungan bagi sivitas akademika seperti sebagai berikut::

          1. Mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk melakukan student exchange ke Spanyol dengan pembebasan biaya SPP selama satu semester.

          2. Mahasiswa dapat mengikuti kursus resolusi konflik tingkat internasional di Kualalumpur dan Thailand.

          3. Dosen MIHI dapat mengajukan dan memperoleh hibah penelitian Publikasi dan Kerjasama Luar Negeri dari DIKTI selama tiga tahun berturut-turut.

          4. Dosen MIHI dapat melakukan publikasi di Jurnal SCOPUS dengan partner dari USM Malaysia

          5. Dosen MIHI mendapatkan hibah penelitian LPDP setelah melakukan kemitraan dengan lembaga pemerintah

          6. Program studi MIHI mendapatkan kesempatan menyelenggarakan konferensi internasional dengan melibatkan partner internasional melalui Malindo Research Center.

          7. Program studi MIHI mendapatkan masukan dari mitra bagi proses benchmarking kurikulum.