Public Lecture bersama Dr. Asae Sayaka

November 13, 2018 oleh :

Bulan Februari mendatang akan menjadi peristiwa yang bersejarah bagi Thailand. Seperti halnya Indonesia yang akan menghadapi pemilu di Bulan April 2019 yang akan datang yang dipenuhi dengan berbagai gejolak politik, menjelang pemilu, Thailand juga menghadapi sejumlah problem dan tantangan yang menarik untuk dikaji. Maka dari itu, Program Studi Magister Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengundang Dr.Asae Sayaka dari The Institute of Good Governance for Social and Economic Development Thailand untuk menjadi narasumber dalam acara public lecture yang bertajuk “Thailand Current Political Issues”, pada Hari Senin, 12 November 2018.

Thailand telah mengubah sistem pemerintahannya dari monarki menjadi negara yang berdemokrasi semenjak Revolusi Thailand pada tahun 1832. Walaupun demikian, penerapan demokrasi di di Thailand belum dapat berlangsung secara efektif. Hingga saat ini, Thailand telah mengalami sejumlah peristiwa coup d’etat. Persaingan antara junta militer dengan kubu oposisi adalah hal yang tidak dapat dihindari. Di samping itu, seperti halnya sejumlah negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Thailand juga masih memiliki tugas domestik yang harus diselesaikan, terutama terkait dengan good governance, seperti akuntabilitas, transparansi, serta dan korupsi.

Pemaparan Dr.Sayaka mengenai politik di Thailand menarik antusiasme sejumlah mahasiswa, baik master maupun doktoral untuk mengajukan pertanyaan terkait dengan kondisi sosial-politik di Thailand, seperti opini masyarakat terhadap junta militer, sikap pemerintah dalam resolusi konflik di Pattani, serta isu-isu yang terkait dengan persoalan kultural. Sesi diskusi diakhiri dengan tanya jawab serta foto bersama.