Sebagai salah satu program studi Ilmu Hubungan Internasional di Indonesia, informasi mengenai mengenai isu yang berkembang di negara tetangga, khususnya di wilayah Asia Tenggara menjadi sangat penting untuk dibahas. Untuk menambah wawasan mengenai perkembangan politik di Filipina, Magister Hubungan Internasional Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengundang Hazel Jovita, Ph.D. untuk menjadi pembicara dalam public lecture mengenai “Current Political Issues in Philippines” pada Senin, 19 November, 2018.

Sejumlah kebijakan Duterte memang kerap menuai pro dan kontra dari internasional. Pemberitaan media, terutama media internasional menggambarkan kebijakan Duterte sebagai kebijakan yang kontroversial. Hal tersebut menarik para mahasiswa magister untuk berdiskusi mengenai kondisi politik selama kepemimpinan Duterte.

Menurut Dr. Jovita, Filipina telah mengalami sejumlah perubahan semenjak kepemimpinan Duterte. Duterte menerapkan sejumlah kebijakan yang kebijakan kontrasepsi untuk mengontrol populasi, perlawanan terhadap narkotika dan korupsi, pembangunan kerjasama dengan pemerintah China yang selama ini dihindari oleh pemerintah Filipina. Bagaimanapun, sejumlah survei menunjukkan bahwa Duterte merupakan figur politik yang dicintai oleh mayoritas rakyat Filipina. Filipina mengalami sejumlah perubahan positif semenjak kepemimpinan Duterte.