Publications

Books

Sampul

Judul Penulis Tahun Penerbit

Deskripsi

Resolusi Konflik di Dunia Islam

Surwandono

Buku ini sangat bermanfaat bagi para aktivis Islam, mahasiswa, akademisi, serta pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan yang tertarik dengan perdamaian serta resolusi konflik dalam perspektif Islam. Buku ini dapat menjadi alternatif dalam memandang fenomena konflik masa kini dari kacamata religius. Buku ini juga menyediakan sejumlah contoh resolusi konflik yang terjadi di sejumlah negara di Dunia Islam.
Nosajeong

Tulus Warsito

Buku yang merupakan hasil desertasi dari Prof. Tulus berisi analisa tentang dinamika politik di Korea Selatan; politik luar negeri dan hubungan internasional, perekonomian serta korporasi, dan tenaga kerja di Korea Selatan.
Diplomasi Kebudayaan

Tulus Warsito & Wahyuni Kartikasari

Buku yang menjadi sebuah masterpiece ini telah menjadi buku rujukan bagi akademisi dan mahasiswa di Indonesia dalam memahami konsep dan praktek Diplomasi Kebudayaan di Indonesia.

Bambang Cipto

Buku ini memberikan analisa mengenai peran universitas dalam membangun perekonomian sebuah negara.

Sidik Jatmika

Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia. Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada tahun 1955, kemudian Non Aligned Movement pada 1962 telah menjadikan Indonesia memiliki kedekatan secara psikologis dengan negara-negara di Benua Afrika. Lantas bagaimanakah kebijakan Indonesia terhadap negara-negara di Benua Afrika? Buku ini mencoba untuk mengupas hal tersebut.
Ahmad Sahide
Gender dan Politik Nur Azizah
Ahmad Sahide Buku ini adalah kumpulan Esai dari Dr. Ahmad Sahide, S.IP., M.A. dalam membaca dinamika politik kebangsaan di Tanah Air. Secara umum, esai Ahmad Sahide dalam buku ini terbagi ke dalam empat bagian (bab), yaitu esai-esai tentang keagamaan, esai-esai tentang budaya, Pendidikan, dan politik.
Ali Muhammad

 

2019 Tulus Warsito Penerbit Ombak Di tengah Era Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0
pembangunan tembok pembatas antara Amerika-Meksio
adalah hal yang anomali. Buku yang merupakan sequel dari monograf beliau yang bertajuk ‘Diplomasi Perbatasan’ ini disusun untuk
menjelaskan, mengapa tembok-tembok pagar tersu di bangun
sementara tembok-tembok lain diruntuhkan. Gagasan
masyarakat global, integrasi, dan pemerintahan dunia
tidak serta merta menghilangkan kecenderungan manusia
untuk membangun pagar atau tembok pembatas.
Ahmad Sahide Buku yang ditulis oleh Dr. Ahmad Sahide, S.IP., M.A. ini hasil dari risetnya dalam membaca dinamika dan perkembangan politik di Timur Tengah Pasca The Arab Spring. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit Kompas ini mengulas bagaimana tantangan dan peluang demokratisasi di negara-negara Arab sejak 2011 silam. Ahmad Sahide malakukan riset dengan membandingkan fase demokratisasi di tiga negara Arab yaitu, Tunisia, yang berhasil, Mesir yang gagal di tengah jalan, dan Suriah yang belum berhasil menurunkan pemimpin otoriter dari rezim Bashar al-Assad.
2020 Mohamad Rosyidin bersama Ali Maksum Penerbit Phinisi Press Buku untuk menyambut 100 tahun studi HI ini terdiri dari tujuh bab yang ditulis oleh empat orang yang berasal dari universitas yang berbeda. Ali Maksum, dosen Hubungan Internasional Program Magister (HIPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, menyumbang satu artikel yang berjudul “Isu Keamanan Tradisional: Proyeksi dan Tantangan dalam 100 Tahun Hubungan Internasional.”
2020 Ali Muhammad. dkk Buku ini mengupas dinamika politik luar negeri Rusia Kontemporer. Buku ini menunjukan bahwa Polugri Rusia era Putin dewasa ini terlihat semakin asertif di panggung politik dunia dan berjuang mengembalikan peran sentral masa lalu sebagi great power. Walaupun terbatas, kebangkitan kembali ekonomi dari keterpurukan era sebelumnya. Polugri yang semaking asertif tersebut jelas terlihat dalam sikap Polugrinya terhadap Amerika Serikat, Uni Eropa dan negara tetangga Eropa Timur.